pengertian load cell


LOAD CELL


Load cells yaitu alat yang  digunakan untuk menghasilkan sinyal listrik yang besarnya berbanding lurus dengan gaya yang diukur. Load cells banyak digunakan pada timbangan elektronik, dimana load cell menggunakan prinsip tekanan yang memanfaakan sensor strain gauge. Load cell atau sel beban adalah sensor yang terdiri dari sebuah strain gauge atau lebih, yang ditempelkan pada batang berbahan logam yang berbentuk cincin. Jumlah strain gauge dalam sebuah load cell bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Strain gauge yang ada pada load cell terbuat dari bahan foil grid. Foil grid sendiri merupakan kawat tipis berukuran panjang yang disusun secara zig-zag. 

                 Bentuk fisik Strain Gage

  

a)      Strain gage memiliki dua tipe dasar yaitu :
1.      Terikat (bonded)
    Bonded strain gage seluruh bagiannya terpasang pada elemen gaya (force member) dengan menggunakan semacam bahan perekat. Selagi elemen gaya tersebut meregang, strain gage juga dapat memanjang
2.      Tida.k terikat (unbonded).
     Unbonded strain gage memiliki salah satu sudut akhir yang dipasang pada elemen gaya dan  sudut akhir satunya lagi dipasang pada pengumpul gaya (force collector).
Kedua persyaratan tersebut digunakan untuk menguji kelayakan system strain gage untuk aplikasi tertentu dimana, konstanta kalibrasi strain gage harus stabil, yang artinya tidak berubah terhadap waktu, temperature dan faktor lingkungan lain.
   b)   Jenis – jenis Load Cell :
  1.          Loadcell Single Point
 Load cell ini digunakan untuk timbangan bench scale. Loa dcell ini dipasang pada bagian tengah platform timbangan. 

2.    Loadcell Shear Beam

            Load cell ini dipakai untuk floor scale. 
        3.    Loadcell Compress

Cara penggunaan Load cell ini adalah dengan menekan bagian atasnya. Biasanya load cell jenis ini di pakai untuk timbangan truck. 


 4. Loadcell Model S


         Dinamakan Loadcell S karena bentuknya menyerupai huruf "S". cara kerja dari Load cellini   
         tidak di tekan melainkan ditarik sisi atas dan bawahnya. Sisi atas dikaitkan dengan gantungan 
         sedangkan bagian bawahnya dikaitkan dengan barang yang akan ditimbang.
       5. Load Cell Double Ended



Load cell ini bekerja dengan menekan sisi tengahnya. Loadcell ini dipakai untuk timbangan truck.

c)    Prinsip Kerja Load Cell
Cara kerja load cells mirip dengan sensor tekanan yaitu untuk mengukur tekanan suatu zat. beban yang diberikan mengakibatkan reaksi terhadap elemen logam pada load cell yang mengakibatkan perubahan bentuk secara elastis. Gaya yang ditimbulkan oleh regangan ini (positif dan negatif) di conversikan kedalam sinyal listrik oleh strain gauge.
d). Aplikasi Load Cell dalam kehidupan





      Sensor load cell digunakan untuk aplikasi, timbangan paket pos digital Weigher, Weighing System Scale

 BERIKUT MERUPAKAN VIDEO MENGENAI CARA KERJA LOAD CELL


Pada sistem timbangan digital ini digunakan strain gauge load cell. Keluaran dari sensor ini berupa tegangan dalam orde mV yang terbaca terhadap perubahan nilai resistansi yang merepretasikan berat benda.
#Modul HX711 adalah modul yang memudahkan kita membaca load cell dalam pengukuran berat. Modul ini berfungsi untuk menguatkan sinyal keluaran dari sensor dan mengonversi data analog menjadi data digital. Dengan menghubungkannya ke mikrokontroler, kita dapat membaca perubahan resistansi dari load cell. Setelah proses kalibrasi kita akan memperoleh pengukuran berat dengan keakuratan yang tinggi.
# Arduino sebagai pengolah data akan membaca data output dari modul HX711. Karena output dari modul HX711 sudah dalam bentuk gram ini menyebabkan beban kerja arduino cukup ringan. Hasil pembacaan tadi selanjutnya dibulatkan dengan ketelitian 0,5 dan dikirim ke Labview.
# Labview akan menerima data dari arduino dan akan menampilkan data tersebut pada monitor PC



Daftar Pustaka
 http://vahrizaldinnur.blogspot.co.id/2016/12/strain-gauge-dan-load-cell.html
 https://www.youtube.com/watch?v=Z3BCwk7Z7tI&t=7s



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Nelayan

ESSAY Cinta Jombang